Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Penguat Sinyal TV Digital Taffware TFL-D15

Semenjak siaran analog digantikan dengan sinyal TV digital DVB-T2 membuat banyak orang harus membeli set top box apabila TV mereka belum digital. Tetapi banyak keluhan dimana siaran TV digital sulit ditangkap, sehingga perlu cara pasang penguat sinyal TV digital agar channel yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Penguat sinyal TV digital atau dikenal dengan sebutan Booster sebenarnya sudah ada sejak lama, sebelum siaran analog resmi disuntik mati. Tetapi saat ini bermunculan lebih banyak model dan alat khusus sebagai penguat sinyal TV digital DVB-T2, sehingga cocok dipasang untuk set top box didaerah susah sinyal.

Setiap model penguat sinyal TV digital umumnya memiliki cara pasang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai cara pasang penguat sinyal TV digital yang benar agar hasilnya jernih dan stabil.

Cara Pasang Penguat Sinyal TV Digital Taffware TFL-D15


cara pasang penguat sinyal tv digital

Sebagai contoh, pada tutorial kali ini kami menggunakan salah satu alat penguat sinyal TV digital terbaik yaitu Taffware TFL-D15 yang bisa ditemukan dengan mudah ditoko online ataupun offline. Langsung cara ikuti cara pemasangannya sebagai berikut:
  • Siapkan penguat sinyal TV digital Taffware TFL-D15.
  • Kemudian colokkan kabel USB dari Taffware TFL-D15 ke port USB yang ada di TV atau set top box.
  • Selanjutnya colokkan jack antena ke port antena yang ada di Taffware TFL-D15.
  • Lalu colokkan jack antena input dari Taffware TFL-D15 ke port antena yang ada di TV atau STB.
  • Setelah penguat sinyal menyala dan terhubung dengan benar, sekarang cobalah untuk scan ulang siaran TV digital.
  • Jika berhasil, maka siaran TV digital yang didapatkan akan lebih banyak dibanding sebelum menggunakan alat penguat sinyal TV digital tersebut.
  • Untuk hasil yang maksimal, sangat disarankan menggunakan antena outdoor (luar ruangan).


Pemasangan booster TV digital merk lain mungkin sedikit berbeda, namun tidaklah sulit. Anda hanya perlu mencari tutorial cara pasang penguat antena TV digital sesuai dengan tipe alat penguat sinyal yang Anda miliki.

Jika langkah-langkah diatas kurang jelas, langsung saja simak video berikut ini:


Kesimpulannya, untuk mendapatkan kualitas sinyal TV digital yang bagus sangat disarankan untuk memakai antena outdoor. Apabila kurang maksimal, tidak ada salahnya untuk menggunakan booster TV digital dengan mengikuti cara pasang penguat sinyal TV digital diatas jika Anda menggunakan Taffware TFL-D15.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.