Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Salah menekan tombol remote terkadang bisa membuat gambar layar TV menjadi besar sehingga tidak nyaman digunakan untuk menonton. Tetapi jangan khawatir, karena kami akan memberikan cara mengembalikan layar TV yang membesar agar kembali normal.

Umumnya hal menyebabkan gambar TV menjadi besar atau zoom adalah karena salah menekan tombol pada remot TV yang berfungsi untuk mengubah aspek rasio layar, sehingga gambar menjadi zoom, terpotong, melebar kesamping atau melebar atas bawah.

Kebanyakan model TV LED atau Smart TV saat ini memang memberikan opsi untuk penggunanya agar bisa mengatur resolusi dan aspek rasio layar sesuai kebutuhan, seperti aspek rasio 16:9 atau 4:3. Untuk cara mengembalikan layar TV yang membesar bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar (Zoom)



Sebagai contoh, pada tutorial kali ini kami menggunakan Smart TV Samsung untuk mengembalikan layar TV yang membesar dengan cara mengatur aspek rasio layar menjadi normal, yaitu 16:9.

1. Mengatur Ulang Aspek Rasio Layar


cara mengembalikan layar tv yang membesar

  • Pertama, siapkan remote TV.
  • Tekan tombol [Pengaturan] pada remot TV.
  • Kemudian arahkan dan klik pada opsi [Display/Picture].
  • Pada bagian "Picture Mode" pastikan sudah Standar, kemudian klik pada bagian [Picture Size Settings].
  • Pilih aspek rasio 16:9, lalu tekan tombol [OK] pada remot TV.
  • Seharusnya sekarang  layar TV Anda sudah kembali normal dan tidak membesar lagi.


2. Menggunakan Tombol Remot


cara mengatasi layar tv yang membesar

Selain menyesuaikan aspek rasio layar, Anda juga bisa mencoba menekan beberapa tombol pada remot, seperti tombol ZOOM, P.SIZE, HOME, RATIO, FORMAT, PIC SIZE, or PIC MODE sampai layar TV yang membesar, melebar kesamping atau melebar atas bawah bisa kembali normal.

Tombol-tombol tersebut biasanya ada pada remot TV Samsung, LG, Sharp, Panasonic, Polytron, khususnya pada model Smart TV. Anda hanya perlu mencoba menekan satu persatu tombol tersebut sampai ada perubahan pada layar TV Anda.


Solusi Lain untuk Mengatasi Layar TV yang Melebar Kesamping, Atas atau Bawah

  • Pilih port HDMI atau USB yang berbeda apabila masalah layar TV melebar hanya terjadi ketika Anda mencolokkan alat eksternal ke televisi.
  • Coba pindahkan ke channel lain, bisa jadi gambar TV yang tiba-tiba membesar hanya terjadi pada salah satu siaran saja.
  • Jika semua cara sudah dilakukan tetapi tidak ada perubahan pada layar TV Anda, maka disarankan untuk menyerahkan masalah ini pada teknisi atau yang ahli dibidangnya.

Perlu dicatat, solusi diatas hanya berfungsi apabila layar TV yang membesar disebabkan karena kesalahan saat menekan tombol remot ataupun ada yang merubah pengaturan pada TV Anda. Sedangkan jika penyebabnya adalah kerusakan pada hardware maka cara diatas mungkin tidak berhasil.


Kesimpulannya, jangan panik dulu apabila layar TV membesar tiba-tiba (zoom). Anda bisa mengikuti cara mengembalikan layar TV yang membesar sesuai dengan metode diatas yang boleh dicoba untuk semua model TV LED, Smart TV dan Android TV.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.