Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengembalikan TV yang Salah Pencet Remote

Jangan panik apabila TV Anda tiba-tiba hilang suara, tidak ada saluran atau masuk ke menu lain yang membuat TV tidak seperti biasanya. Dalam artikel ini kami akan memberikan cara mengembalikan TV yang salah pencet agar bisa kembali berfungsi dengan normal.

Sudah banyak yang mengalami momen dimana salah menekan tombol pada remote TV yang membuat pengaturan atau tampilan TV menjadi berubah. Tentu ini adalah masalah serius bagi mereka yang tidak paham bagaimana cara mengembalikannya.

Padahal cara mengembalikan TV yang salah pencet bisa dilakukan hanya dengan menekan salah satu tombol yang ada pada remote TV. Tombol yang ditekan tergantung dengan posisi TV yang berubah ketika salah pencet remote. Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa cara mengatasi TV salah pencet berikut ini:

Cara Mengembalikan TV yang Salah Pencet


cara mengembalikan tv yang salah pencet

Remote TV yang salah pencet menyebabkan berbagai masalah pada televisi. Seperti siaran yang tiba-tiba hilang, tidak ada suara, gambar menjadi gelap dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba tips dibawah ini dan menyesuaikannya dengan kendala TV Anda saat ini:

1. Mengembalikan Siaran TV Hilang Akibat Salah Pencet


Jika salah pencet tombol pada remot TV membuat semua siaran TV menjadi hilang, maka yang bisa dilakukan adalah dengan scan ulang siaran. Setiap model televisi memiliki cara yang berbeda untuk scan ulang siaran, tetapi pada umumnya bisa diakses melalui menu [Pengaturan].

Cobalah buka [Pengaturan] di TV Anda, kemudian cari opsi yang berkaitan dengan [Saluran/Program]. Biasanya pada opsi ini Anda akan menemukan pilihan untuk pindai siaran ulang, baik itu secara otomatis ataupun manual.

Setelah itu, Anda hanya perlu memilih jenis siaran digital [DTV] dan memastikan bahwa antena sudah terpasang dengan benar. Setelah itu langsung saja mulai scan ulang siaran TV digital dan tunggu prosesnya sampai selesai.


2. Tekan Tombol Input atau Source


Hampir sama dengan kasus yang pertama, jika TV tiba-tiba tidak ada sinyal ketika salah pencet bisa jadi sekarang TV Anda masuk dalam mode AV/HDMI/ atau RCA. Jika TV masuk dalam salah satu mode tersebut maka tidak akan menampilkan saluran TV seperti pada biasanya.

Solusinya, Anda harus mengubah mode menjadi [TV] dengan cara menekan tombol [Input/Source] pada remot, kemudian arahkan ke mode [TV] lalu tekan tombol [OK]. Maka seharusnya sekarang TV sudah bisa menayangkan channel TV digital dengan normal.

Tetapi apabila Anda menggunakan set top box, maka pastikan bahwa TV sudah dalam mode [RCA atau HDMI] sesuai dengan bagaimana cara Anda menghubungkan STB ke TV, apakah menggunakan kabel HDMI atau RCA.

Caranya sama, yaitu dengan menyalakan set top box terlebih dahulu, kemudian tekan tombol [Input/Source] pada remote TV, lalu pilih mode [HDMI atau RCA] dan tekan tombol [OK] pada remote TV.


3. Salah Pencet Remot Suara TV Jadi Hilang? Coba Tips ini


Cara mengembalikan TV yang salah pencet kemudian suaranya tiba-tiba hilang bisa diatasi dengan langkah yang cukup sederhana. Biasanya penyebab TV menjadi hilang suara adalah karena salah pencet kemudian masuk mode [Mute].

Mode mute ditandai dengan adanya ikon speaker dengan tanda silang atau garis yang menandakan bahwa suara TV dinonaktifkan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu menekan tombol [Speaker] atau [Mute] pada remote TV.

4. Nyalakan Ulang TV


Cara lain untuk mengembalikan TV yang salah pencet tanpa remot adalah dengan menyalakan ulang TV Anda. Tidak jarang hanya dengan mematikan dan menyalakan ulang TV permasalahan yang muncul setelah salah pencet bisa teratasi.

Mungkin ada beberapa model televisi yang memiliki kemampuan untuk mengembalikan pengaturan yang berubah akibat salah pencet remot. Jadi jika muncul permasalahan pada TV Anda setelah salah memencet remot, cobalah untuk mematikan dan menyalakan ulang TV, siapa tau cara ini berhasil untuk model TV yang Anda gunakan.

5. Reset Ulang TV


Ini adalah cara terakhir yang bisa dicoba untuk mengembalikan TV yang salah pencet menjadi normal kembali, yaitu dengan mereset ulang ke pengaturan pabrik. Cara ini akan membuat semua pengaturan TV yang sebelumnya sudah Anda ubah akan direset kembali sesuai dengan pengaturan pabrik.

Untuk setiap model televisi memiliki cara yang berbeda dalam melakukan reset ulang, tetapi umumnya menu ini terdapat pada [Pengaturan] di TV. Setelah melakukan reset ulang, Anda harus mengatur ulang TV sampai bisa menampilkan siaran TV digital

Seperti memilih jenis Bahasa, Antena, Memasukan Kode Pos dan juga beberapa pengaturan lainnya yang harus Anda sesuaikan kembali setelah TV direset ulang.


Apakah Bisa Mengembalikan TV yang Salah Pencet Tanpa Remot?


Tentu saja bisa, tetapi berlaku hanya untuk kasus tertentu saja. Misalkan seperti tips keempat yang bisa dilakukan tanpa remote, yaitu dengan menyalakan ulang TV. Anda bisa menyalakan ulang TV tanpa remot dengan cara mencabut kabelnya dan kemudian mencolokkan lagi.

Selain itu juga apabila remot bawaan TV hilang bisa digantikan dengan aplikasi remot yang biasanya ada pada HP Xiaomi. Anda hanya perlu memilih merk TV dan kemudian mencoba menghubungkan aplikasi remot ke TV sampai benar-benar bisa berfungsi.

Kesimpulan


Itulah cara mengembalikan TV yang salah pencet yang bisa dilakukan dengan dan tanpa remote. Menurut kami, tips paling ampuh untuk mengatasi TV yang salah pencet adalah dengan mereset ulang ke pengaturan pabrik, maka TV yang sebelumnya error akibat salah pencet remot akan normal kembali. Semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.