Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Asal Beli, Begini Cara Cek TV Digital yang Bersertifikasi Kominfo

Jendelatv.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia terus berkomitmen untuk mempermudah pengguna TV digital dalam menikmati siaran TV digital yang jernih. Pengguna dihimbau untuk memeriksa apakah TV digital mereka sudah sesuai standar Kominfo atau belum.

Karena saat ini sudah banyak berbagai model TV digital yang sudah tersedia dipasaran, jadi sebelum membeli TV digital baru sangat penting untuk mengecek terlebih dahulu model TV yang ingin dibeli apakah sudah bersertifikasi Kominfo atau belum agar tidak ada masalah kedepannya.

Dilansir langsung dari situs resmi Kominfo, setidaknya ada 4 alasan kenapa harus memilih TV digital atau set top box yang sudah bersertifikasi kominfo.

Termasuk diantaranya adalah faktor keamanan pengguna, sudah sesuai dengan standar Kominfo, yaitu berteknologi DVB-T2 yang juga merupakan standar penyiaran TV digital oleh lembaga penyiar di Indonesia, garansi yang jelas serta produksi dalam negeri.

Berikut adalah panduan mudah mengenai cara cek TV digital, STB atau perangkat sejenis lainnya yang sudah bersertifikasi Kominfo sehingga aman digunakan:

cara cek tv digital kominfo

  • Akses situs resmi Siaran TV digital Kominfo.
  • Pilih topik "Kenali TV Digital"
  • Kemudian scroll kebawah, tepatnya pada bagian TV dan STB yang bersertifikasi Kominfo.
  • Ciri-cirinya adalah sudah terdapat logo DVB-T2 atau logo Siap Digital seperti yang dijelaskan pada situs Kominfo tadi.

Dengan panduan ini diharapkan agar seluruh pengguna TV digital di Indonesia lebih selektif lagi ketika ingin membeli TV digital, STB atau perangkat sejenis lainnya. Kominfo tentunya akan terus berupaya memberikan dukungan kepada masyarakat untuk meraih manfaat penuh dari kemajuan teknologi TV digital.

Jadi, jangan ragu untuk memeriksa perangkat TV digital sebelum membelinya, pastikan TV pilihan Anda sudah sesuai standar Kominfo, yaitu terdapat logo DVB-T2 atau Siap Digital agar tidak terjadi masalah ketika menonton siaran TV digital di perangkat tersebut.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.