Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Simbol Push Button Switch Terlengkap 2024

Jenis sakelar yang berfungsi untuk menyambung dan memutuskan arus listrik secara sementara dikenal dengan sebutan "Push Button Switch". Setiap jenis sakelar ini memiliki simbol Push Button switch berbeda-beda tergantung dari fungsi dan cara kerjanya.

Adanya simbol pada sakelar tersebut berguna untuk memudahkan dalam mengenali jenis dari komponen push button switch agar tidak ada kesalahan pada saat memasangnya pada papan sirkuit elektronik., karena jika salah memasang jenis push button switch maka rangkaian elektronik tidak akan bekerja dengan normal.

Untuk itu, apabila Anda ingin merakit sebuah rangkaian elektronik yang menggunakan komponen push button switch disarankan untuk menghafal simbol push button switch yang akan kami bagikan dalam artikel ini lengkap dengan gambar dan keterangannya:

Gambar Simbol Push Button Switch


simbol push button switch

1. Simbol Open Switch


simbol open switch

Diatas adalah gambar simbol push button switch jenis "Open Switch" yang melambangkan sekatan atau jalur terputus untuk menghentikan arus listrik yang melewatinya.

2. Simbol Closed Switch


simbol closed switch

Sebaliknya, gambar diatas adalah simbol untuk jenis komponen closed push button switch yang berarti sudah tersambung dan arus listrik sudah bisa dilewati.

3. Simbol Generik Push Button


simbol push button generik

Gambar diatas merupakan simbol push button switch jenis generik push button switch yang merupakan sakelar dengan aktuator berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sirkuit dengan cara menekan tombol tersebut.

4. Simbol Limit Push Button


simbol limit push button

Limit push button switch digambarkan dengan simbol seperti diatas, jadi ketika Anda melihat simbol tersebut pada papan PCB, berarti rangkaian yang harus dipasang adalah komponen jenis limit push button switch.

5. Simbol Push Button Double Pole Limit


simbol push button switch

Terlihat gambar diatas merupakan simbol push button switch jenis double pole limit yang memiliki dua kutub berbeda, masing-masing untuk mengontrol dua sirkuit yang terpisah. Push button switch jenis ini dapat memutus dan menutup rangkaian lainnya.

6. Simbol Push Button SPDT


simbol push button

Ini adalah push button jenis single pole double throw switch yang merupakan sakelar dengan satu input (pole) dan dua output (throw). Push Button SPDT biasanya diterapkan untuk memilih antara dua rangkaian listrik. Salah satu contoh penerapan push button SPDT adalah sakelar lampu dua arah.

7. Simbol Push Button DPDT


simbol push button

DPDT adalah jenis push button switch yang memiliki kutub dan lemparan ganda atau setara dengan dua push button SPDT yang dikendalikan oleh dua sirkuit, simbolnya adalah seperti gambar diatas.

8. Simbol Push to Break Switch (PTB)


simbol push button switch

Diatas adalah simbol push button swtich yang membuka sirkuit apabila tombolnya ditekan. Jika tekanan pada tombol dilepas atau terjadi tekanan berikutnya maka akan mengembalikan tombol ke posisi semula dan sirkuit juga kembali ke status awalnya.

9. Simbol Push to Make Switch (PTM)


simbol push button switch

Jenis komponen push to make switch dilengkapi dengan fungsi penguncian mekanisnya sendiri. Ketika tombol ditekan dan dilepaskan, maka tombol tidak akan melompat sepenuhnya, tetapi masih terkunci. Maka perlu ditekan lagi untuk membuka kunci dan agar sepenuhnya naik.

Fungsi dan Penggunaan Push Button Switch


Komponen push button switch sudah banyak digunakan pada berbagai alat elektronik rumah tangga dan juga peralatan elektronik industri.

Ini adalah komponen yang memiliki fungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat elektronik, mengontrol kecepatan atau arah motor dan juga berfungsi sebagai tombol darurat pada beberapa jenis komponen elektronik tertentu/

Tidak jarang juga simbol push button switch digunakan pada kendaraan bermotor, seperti mobil atau motor untuk mengaktifkan klakson, lampu dan juga komponen lainnya yang bisa aktifkan dan dinonaktifkan.

Lihat juga:

Akhir Kata


Jadi kesimpulannya setiap jenis push button switch memiliki bentuk, simbol dan cara kerja yang berbeda. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui simbol push button switch agar tidak salah ketika ingin merakit rangkaian elektronik yang membutuhkan komponen push button switch ini.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.