Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persamaan STR W6753 Regulator TV yang Paling Cocok

Persamaan STR W6753 bisa menjadi solusi jika Anda tidak menemukan komponen ini dipasaran, ada STR lain yang cocok digunakan sebagai pengganti dari STR W6753 yang merupakan quasi-resonant topologi IC yang dirancang untuk SMPS. Ini adalah IC yang terdiri dari power FET, osilator PWM dan beberapa sistem proteksi yang dikemas dalam 1 pack.

STR W6753 adalah IC yang seringkali ditemukan pada beberapa rangkaian elektronika, seperti pada mesin TV tabung Sharp, LG, Samsung, Sanyo dan lain-lain. Ini adalah IC yang dilengkapi dengan PIN OCP (over current protector) yang berfungsi untuk mendeteksi kuatnya arus pada rangkaian primer transformator.

Pada umumnya, hampir semua TV tabung menggunakan IC regulator ini, tetapi seringkali IC ini sulit ditemukan, baik itu ditoko online ataupun offline, sehingga Anda harus mengetahui pengganti STR W6753 untuk TV tabung. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa pengganti IC STR W6753 yang bisa Anda coba:

Persamaan STR W6753 IC Regulator TV Tabung



persamaan str w6753

Jika Anda sedang mencari pengganti STR W6753, dibawah ini ada dua persamaan STR W6753 yang mungkin cocok atau bahkan lebih bagus dari aslinya, yaitu:  STR W6754 dan STR W6750F. Kedua tipe STR ini yang paling mirip dengan STR W6753 karena memiliki spesifikasi paling mendekati.

Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan salah satu dari dua persamaan STR W6753 diatas untuk TV Sharp, LG atau merk lainnya yang menggunakan model STR seperti ini. Tetapi walaupun begitu, tetap disarankan menggunakan tipe aslinya jika memang ada.

Fungsi IC STR W6753


Perlu Anda ketahui, IC ini dilengkapi dengan PIN OCP yang berfungsi untuk mendeteksi kuatnya arus pada rangkaian transformator primer switching apabila terjadi short pada rangkaian sekunder atau primer.

Jika diperhatikan, PIN tersebut terhubung ke PIN sourch atau ground dari internal power FET dengan dua buah resistor, salah satunya adalah resistor sebagai sensor arus yang bertahan ke minus elco besar dan sangat rendah.

Karakteristik STR W6753


STR W6753 memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Tegangan kontrol supply (VCC): 35V
  • Tegangan drain-source (VDSS): 650V
  • Arus maksimal drain switching (IDM): 11.2A
  • Single Pulse avalanche energy (EAS): 145mJ
  • Daya disipasi (PD): 0.5W

Data Pinout STR W6753 Regulator TV Tabung


Dibawah ini adalah pinout STR W6753 yang bisa membantu Anda untuk mempelajari cara kerja dari IC regulator TV tabung ini:

persamaan str w6753

Nah, demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai persamaan STR W6753 lengkap dengan fungsinya. Anda bisa mencoba pengganti STR W6753 dengan STR W6754 yang memiliki datasheet dan spesifikasi sama.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.