Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting TV Digital Polytron, Bisa Tanpa Set top Box!

Apakah Anda masih bingung bagaimana cara setting TV digital Polytron? Tenang, pada artikel kali ini kami akan membahas tutorial scan siaran digital di TV Polytron LED, LCD, Smart TV dengan dan tanpa set top box DVB-T2.

Perlu diketahui bahwa tidak semua model TV Polytron bisa mendapatkan siaran TV digital tanpa set top box, hanya TV Polytron yang sudah dilengkapi dengan DVB-T2 saja yaitu fitur untuk menerima sinyal TV digital.

Apabila TV Polytron Anda sudah DVB-T2, maka hanya perlu melakukan langkah sederhana untuk scan ulang TV digital Polytron tanpa set top box agar bisa mendapatkan channel TV digital. Panduan dibawah ini bisa dicoba untuk semua model TV Polytron yang sudah digital DVB-T2.

Cara Setting TV Digital Polytron Tanpa Set top Box

cara setting tv digital polytron

1. Pastikan TV Polytron Anda Sudah Digital DVB-T2

Langkah pertama yang paling penting adalah dengan memastikan apakah TV Polytron Anda sudah digital atau belum. Cara paling mudahnya adalah dengan memeriksa spesifikasi model TV Polytron Anda di internet.

Jika pada dalam spesifikasi tersebut tercantum label 'DVB-T2' itu berarti TV tersebut sudah digital, sehingga tidak perlu lagi menggunakan alat tambahan seperti set top box.

2. Buka Menu Pengaturan TV

Setelah memastikan bahwa TV sudah digital, langkah selanjutnya adalah dengan mengakses 'Pengaturan' menggunakan remote TV, lalu arahkan ke bawah tepatnya pada bagian menu 'Pengaturan Kanal'.

3. Mulai Scan Siaran TV Digital

Jika sudah masuk menu Pengaturan Kanal, maka akan ada banyak opsi disana. Arahkan ke opsi paling atas yaitu 'Pencarian Otomatis DTV', lalu tekan Ok pada remote. Sebelum itu, pastikan Anda sudah mengisi kode pos dengan benar.

4. Tunggu Proses Scan Siaran DTV Sampai Selesai

Setelah itu maka proses scan siaran TV digital akan dimulai yang mungkin memerlukan waktu cukup lama sampai TV selesai memindai semua siaran TV digital yang terjangkau dilokasi Anda. Selama proses ini, jangan matikan TV.

Jika sudah selesai, maka akan muncul daftar siaran TV digital yang berhasil tersimpan. Banyak atau tidaknya siaran yang didapatkan tergantung dari faktor antena, termasuk arah dan tingginya, juga lokasi Anda.

Cara Setting TV Digital Polytron dengan Set top Box

Jika ternyata TV Polytron Anda belum mendukung siaran TV digital, maka harus memasang set top box DVB-T2. Untuk tutorial pemasangannya tidaklah rumit, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan set top box DVB-T2.
  • Hubungkan set top box ke TV menggunakan kabel RCA atau HDMI.
  • Colokkan jack antena ke port antena yang ada di set top box.
  • Nyalakan TV.
  • Tekan tombol [Source/Input] diremote TV, lalu ubah mode TV menjadi AV atau HDMI sesuai dengan bagaimana cara Anda menghubungkan STB ke TV.
  • Setelah itu, nyalakan set top box.
  • Jika tampilan awal set top box sudah muncul dilayar TV, maka Anda harus memilih jenis bahasa, memasukkan kode pos, lalu mulai mencari siaran TV digital.
  • Tunggu proses scan siaran TV digital sampai selesai.

Penyebab TV Polytron Tidak Bisa Menangkap Siaran Digital

Namun terkadang terdapat beberapa kendala yang membuat Televisi tidak mampu menangkap sinyal Saluran TV Digital, di antaranya :

  • Antena memiliki masalah atau sudah rusak
  • Posisi dari Antena kurang tepat
  • Antena berada di dalam rumah atau ruangan
  • Lokasi Terpelosok yang tidak menerima sinyal
  • Kondisi cuaca tidak bersahabat
  • Kemungkinan kerusakan di kabel antena
  • Booster yang anda gunakan bisa jadi mengalami kerusakan.

Kesimpulannya adalah Anda tidak perlu membeli set top box lagi jika sudah memiliki TV Polytron yang dilengkapi dengan fitur DVB-T2 saja. Anda hanya perlu melakukan scan ulang siaran TV digital dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jabarkan diatas.

Tengku Khamzah Fauzi
Saya senang berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pembahasan elektronik dan teknologi. Bagi saya, menulis adalah cara untuk terus belajar dan berbagi dengan komunitas.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.