Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Kualitas Sinyal TV Digital 0 dan Tidak Stabil

Dialihkannya siaran analog ke sinyal digital menimbulkan beberapa permasalahan ketika ingin scan siaran TV digital melalui set top box DVB-T2 ataupun perangkat sejenis lainnya. Tidak jarang kualitas sinyal TV digital 0 atau lemah sehingga tidak ada satupun saluran TV yang berhasil ditangkap.

Ini bisa saja terjadi pada semua merk set top box DVB-T2 dan televisi digital yang ingin melakukan pemindaian channel digital secara otomatis ataupun manual. Lalu kenapa sinyal TV digital lemah dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai penyebab kenapa kualitas sinyal TV digital 0 (nol) lengkap beserta langkah-langkah untuk mengatasinya. Anda bisa mencoba tips ini pada semua model dan tipe set top box DVB-T2 TV digital.

Cara Meningkatkan Kualitas Sinyal TV Digital 0 dan Tidak Stabil



kualitas sinyal tv digital 0

1. Pastikan Antena Terpasang dengan Benar


Antena adalah alat yang paling berpengaruh dengan lancar atau tidaknya set top box Anda dalam menangkap sinyal digital. Pemasangan antena yang kurang tepat bisa menjadi penyebab kualitas sinyal TV digital naik turun, tidak stabil bahkan 0.

Sebelum melakukan scan siaran TV digital, Anda harus mencolokkan jack antena ke lubang Antena yang biasanya ada dibelakang set top box. Pastikan jack antena sudah benar-benar terkoneksi dengan baik ke STB ataupun televisi digital Anda.


2. Periksa Jack Antena


Bagaimana jika jack antena sudah dipasang namun kualitas sinyal TV digital masih nol? Cobalah untuk memeriksa kondisi jack antena, pastikan jack antena sudah tersambung ke kabel antena dengan kuat. Selain itu, bersihkan jika terdapat karat atau kotoran disekitar jack antena.

3. Periksa Kabel Antena


Tidak jarang yang menjadi penyebab kenapa kualitas sinyal TV digital 0, naik turun dan tidak stabil adalah karena kabel antena yang bermasalah. Paling sering terjadi adalah kabel antena yang putus didalam, sehingga set top box sama sekali tidak bisa menangkap siaran TV digital walaupun sudah scan ulang berkali-kali.


Kasus kabel antena yang putus umumnya disebabkan karena faktor lamanya penggunaan antena tersebut. Kabel antena yang sudah kaku sangat rawan sekali putus jika ditekuk sehingga tidak akan bisa mengirimkan sinyal digital ke set top box DVB-T2.

Anda bisa mencoba untuk mengganti kabel antena dan memasangnya dengan benar, setelah itu cobalah untuk melakukan scan ulang siaran TV digital secara otomatis ataupun manual. Jika berhasil, maka set top box Anda akan mendapatkan siaran TV digital yang tersedia dilokasi tersebut.

4. Ubah Posisi Antena


Posisi antena yang salah dapat menjadi penyebab kualitas sinyal TV digital 0 dan tidak stabil. Kami selalu menyarankan untuk mengubah posisi antena ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda.


Untuk mengetahui lokasi pemancar sinyal terdekat, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi SinyalTV Digital yang dapat diunduh secara gratis di Google Playstore. Atau agar lebih praktis, ikuti saja arah antena tetangga yang mendapatkan kualitas sinyal TV digital stabil.

Setiap kali mengubah posisi antena, jangan lupa untuk melakukan scan ulang channel TV digital dengan harapan set top box Anda akan mendapatkan lebih banyak saluran TV daripada sebelumnya.

5. Gunakan Antena Outdoor


Apabila Anda masih menggunakan antena indoor, kami sarankan untuk beralih ke antena outdoor (luar ruangan), karena jenis antena ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan stabil, serta lebih minim terganggu oleh benda-benda yang dapat menghalangi antena dalam menangkap sinyal digital.


Sudah ada banyak merk antena TV digital outdoor yang dapat ditemukan ditoko online ataupun offline. Anda hanya perlu memilih jenis antena outdoor sesuai kebutuhan saja.

6. Pasang Booster Antena TV Digital


Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat memasang booster antena TV digital yang berfungsi untuk memperkuat jangkauan antena dalam menangkap sinyal digital, sehingga masalah kualitas sinyal TV digital 0 dan naik turun dapat segera teratasi.


Pemasangan booster antena TV digital tidaklah berbeda dengan booster antena analog, Anda hanya perlu mengikuti panduan pemasangan yang biasanya tersedia dalam paket pembelian alat tersebut. Atau bisa mencari panduannya di internet dengan memasukan kata kunci sesuai merk booster yang Anda miliki.

Itulah 6 cara mengatasi kualitas sinyal TV digital 0, naik turun dan tidak stabil ketika melakukan scan siaran di set top box DVB-T2 dan televisi digital. Kami harap panduan diatas dapat membantu Anda dalam meningkatkan kualitas sinyal TV digital yang lemah.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.