Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Metro TV Tidak ada di TV Digital?

Sinyal yang lemah bisa menjadi salah satu penyebab kenapa Metro TV tidak ada di TV digital, padahal sebelumnya sudah sempat tersimpan. Anda perlu melakukan beberapa langkah sederhana sesuai panduan dalam artikel ini untuk mengembalikan Metro TV yang hilang dari set top box TV digital.

Semenjak pemerintah mematikan siaran analog, ternyata masih banyak daerah di Indonesia yang penerimaan sinyal digitalnya belum stabil, sehingga tidak sedikit channel TV digital sering hilang bahkan tidak ada sinyal. Salah satunya adalah siaran Metro TV yang seringkali hilang di TV digital.

Penyebab utamanya karena daerah yang jauh dari pemancar sinyal, kualitas antena kurang baik ataupun ada masalah pada set top box yang digunakan. Pada artikel kali ini kami akan membahas penyebab kenapa Metro TV tidak ada di TV digital beserta cara mengatasinya dengan tepat:

Kenapa Metro TV Tidak ada di TV Digital?



kenapa metro tv tidak ada di tv digital

1. Scan Ulang Siaran Metro TV


Langkah pertama yang harus dilakukan ketika siaran Metro TV tidak ada di TV digital adalah dengan memindai ulang saluran TV tersebut di set top box Anda. Setiap model set top box seperti Matrix Apple HD biasanya tersedia pengaturan untuk scan ulang siaran TV digital secara otomatis.

Tetapi letak menu tersebut berbeda-beda untuk setiap merk set top box. Jadi sebelum melakukan langkah lain, pastikan Anda sudah mencoba untuk scan ulang TV digital dengan harapan agar channel Metro TV bisa kembali lagi.

2. Periksa Jack Antena


Jack antena yang bermasalah ditandai dengan hilangnya semua siaran atau channel TV digital sedikit di set top box Anda yang biasanya muncul tulisan "tidak ada sinyal" di layar TV. Jika semua siaran hilang termasuk Metro TV maka Anda harus memeriksa kondisi jack antena.

Pastikan jack antena tidak longgar dan sudah terpasang dengan benar ke set top box atau TV digital Anda. Jika terdapat karat pada jack antena disarankan untuk membersihkannya atau lebih baik mengganti jack antena dengan yang baru.

3. Ubah Posisi Antena


Posisi antena sangat berpengaruh dengan banyak atau tidaknya siaran TV digital yang didapatkan, jika posisinya sudah tepat maka Anda tidak akan mengalami masalah channel Metro TV tidak ada sinyal secara terus menerus.

Ubahlah posisi antena ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda. Untuk mengetahui lokasi tower pemancar sinyal, Anda bisa menggunakan aplikasi SinyalTV digital di playstore. Atau lebih mudahnya ikuti saja arah antena orang lain yang mendapatkan banyak siaran TV digital dengan stabil.

4. Gunakan Antena Outdoor


Untuk hasil yang maksimal, sangat disarankan menggunakana antena outdoor (luar ruangan) daripada antena indoor. Alasannya karena antena outdoor memiliki daya tangkap sinyal digital lebih kuat dan stabil sehingga bisa mengatasi masalah Metro TV yang tidak ada di TV digital.

Lalu Anda juga harus menempatkan antena outdoor lebih tinggi (jangan terlalu rendah) untuk memaksimalkan penerimaan sinyal digital sehingga tidak terganggu oleh benda padat sekitar antena seperti tembok dan pohon.

5. Pakai Booster Antena


Sudah mencoba keempat cara diatas tapi channel Metro TV tidak ada di TV digital? Anda bisa mencoba menggunakan booster antena untuk memperkuat jangkauan sinyal digital sehingga memungkinkan lebih banyak siaran TV digital yang ditangkap oleh set top box Anda.

Sekarang sudah banyak booster antena TV yang tersedia di toko elektronik online ataupun online dengan model dan harga yang bervariasi. Anda hanya perlu mencari booster TV sesuai kebutuhan saja. Biasanya semakin mahal akan semakin bagus.

6. Reset Ulang Set top Box


Langkah terakhir untuk mengatasi Metro TV tidak ada di TV digital adalah dengan mengatur ulang set top box ke pengaturan pabrik. Bisa saja Metro TV atau siaran lainnya yang tidak ada sinyal disebabkan oleh malfungsi pada sistem set top box.

Jadi tidak ada salahnya untuk reset ke pengaturan pabrik yang berarti semua pengaturan set top box akan kembali seperti semula dan Anda harus mengatur ulang set top box agar bisa mendapatkan siaran TV digital. Seperti memilih bahasa, memasukan kode pos dan lainnya.

Akhir Kata


Itulah penyebab kenapa Metro TV tidak ada di TV digital beserta 6 cara mengatasi Metro TV tidak ada sinyal di set top box DVB-T2. Anda bisa mencoba semua langkah diatas secara bertahap sampai siaran Metro TV kembali lagi di set top box atau TV digital Anda.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.