Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kode Pos yang Banyak Siaran TV Digital? Simak Penjelasannya!

Berpindahnya siaran analog ke sinyal digital ternyata belum sepenuhnya rampung, hal ini ditandai dengan masih banyaknya orang yang mengeluhkan masalah siaran TV digital sedikit dan tidak ada sinyal didaerah mereka. Lalu apakah ada kode pos yang banyak siaran TV digitalnya?

Seperti yang kita ketahui, semua perangkat set top box DVB-T2 ataupun televisi digital pasti akan meminta penggunanya untuk memasukan kode pos, area atau kode lokasi sebelum melakukan scan siaran TV digital diperangkat tersebut.

Lalu pertanyaannya, apakah kode pos berpengaruh dengan banyak atau tidaknya siaran TV digital yang didapatkan? Jawabannya adalah "Tidak".

Kode pos pada set top box atau TV digital hanya diperlukan agar perangkat tersebut mengenali lokasi dari penggunanya, namun tidak berpengaruh sama sekali dengan banyak atau tidaknya siaran yang didapatkan.

Lalu apabila tidak ada kode pos yang banyak siaran TV digitalnya, bagaimana cara mendapatkan banyak siaran TV digital di set top box atau televisi? Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips agar mendapatkan banyak siaran TV digital, diantaranya adalah:

kode pos yang banyak siaran tv digital

1. Pakai Antena Outdoor


Biasanya masalah sinyal TV digital lemah rata-rata dialami oleh pengguna set top box atau TV digital yang masih menggunakan antena indoor. Antena indoor memang praktis, tetapi memiliki jangkauan yang sempit dan rawan terhalang oleh benda-benda yang dapat menghalangi sinyal digital.

Untuk itu kami selalu menyarankan agar memakai antena outdoor (luar ruangan) yang memiliki jangkauan lebih luas serta penempatannya diluar ruangan sehingga minim terhalang oleh benda-benda seperti tembok atau pohon yang dapat mengganggu antena dalam menangkap sinyal digital.

2. Atur Posisi Antena ke Arah yang Tepat


Hal yang paling berpengaruh dengan banyaknya siaran yang didapatkan adalah dari cara menempatkan dan memposisikan antena. Pastikan untuk memasang antena dengan tiang yang cukup tinggi agar terhindar dari benda-benda yang dapat menghalangi antena dalam menangkap sinyal digital.

Setelah meletakkan antena cukup tinggi, jangan lupa untuk mengatur posisinya ke arah yang tepat, yaitu arah tower pemancar sinyal digital terdekat dari lokasi Anda. Atau yang lebih mudahnya, ikuti saja arah antena orang lain yang mendapatkan banyak channel TV digital.

3. Scan Ulang Siaran TV Digital


Setelah mengatur tinggi serta posisi antena, maka Anda harus scan ulang siaran TV digital secara otomatis ataupun manual. Hal ini perlu dilakukan setiap kali Anda mengubah posisi antena ke arah yang lain.

Jika berhasil, maka set top box atau televisi akan mendapatkan lebih banyak siaran TV digital dibandingkan sebelum mengubah posisi dan arah antena. Coba atur antena ke arah lain dan lakukan scan ulang kembali apabila siaran yang didapatkan masih sedikit.

4. Gunakan Booster Antena


Agar antena dapat menangkap sinyal digital secara maksimal, disarankan untuk memasang booster antena TV digital yang merupakan alat untuk meningkatkan kemampuan antena dalam menangkap sinyal digital terdekat dilokasi Anda.

Sudah banyak model booster antena TV digital yang tersedia dipasaran, Anda bisa melihat reviewnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli model booster antena TV digital tertentu.

Lihat juga:

Selain itu untuk mengatasi masalah siaran TV digital, Kominfo dan penyiaran TV digital Indonesia akan terus meningkatkan infrastruktur dan sinyal di daerah-daerah yang memiliki masalah penerimaan. Upaya-upaya ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman menonton TV digital bagi warga Indonesia.

Akhir Kata


Jadi kesimpulannya, kode pos yang banyak siaran TV digital sebenarnya tidak ada, jadi Anda hanya perlu memasukan kode pos sesuai daerah masing-masing lalu mencoba 4 tips diatas untuk mendapatkan banyak siaran TV digital.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.