Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung yang Benar

Pemasangan kipas angin gantung harus dilakukan dengan benar agar bisa berfungsi dengan baik. Seperti salah satunya adalah pada saat penyambungan kabel ke listrik tidak boleh sembarangan. Anda bisa mengikuti panduan cara menyambung kabel kipas angin gantung yang benar disini.

Panduan dalam artikel ini bisa dilakukan untuk memasang beberapa jenis dan merk kipas angin gantung, termasuk salah satunya adalah Maspion. Anda bisa mempraktekannya sendiri dirumah dengan mengikuti tutorial dibawah.

Bagian-Bagian Kabel Kipas Angin Gantung


Kipas angin gantung memiliki baling-baling sebagai penyeimbang dan penghasil angin. Bagian bawah kipas angin gantung terhubung dengan sistem kelistrikan kipas angin melalui tiga terminal: terminal 1 untuk kabel phase, terminal 2 untuk kabel ground, dan terminal 3 untuk kabel netral.

Warna kabel yang terpasang pada terminal kipas angin bisa berbeda pada setiap merek, sehingga perlu diperhatikan keterangan pada buku produknya. Kabel grounding pada kipas angin gantung pada umumnya berwarna hijau-kuning.


Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung


cara menyambung kabel kipas angin gantung

Sebelum Anda lanjut ke cara menyambung kabel kipas angin gantung, pastikan Anda telah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, seperti diantaranya adalah:

Alat-alat yang Perlu Disiapkan:

  • Obeng
  • Tang
  • Isolasi listrik
  • Konektor kabel
  • Kabel listrik

Langkah-langkah:


Langkah pertama adalah mempersiapkan kedua ujung kabel yang akan disambung. Pastikan Anda membersihkan ujung kabel dengan hati-hati dan memastikan tidak ada lapisan pelindung yang terkelupas atau tergores.

Selanjutnya, ambil konektor kabel dan masukkan ujung kabel ke dalamnya dengan hati-hati. Pastikan kabel masuk sepenuhnya dan terpasang dengan kencang.

Gunakan tang untuk mengencangkan konektor kabel dan memastikan sudah kuat, tidak longgar ataupun goyang.

Setelah yakin kabel terpasang dengan baik, gunakan isolasi listrik untuk melindungi sambungan. Balut isolasi listrik di sekitar sambungan kabel dengan rapat dan pastikan tidak ada bagian yang terbuka.

Ulangi proses yang sama untuk kabel lain yang perlu disambungkan. Pastikan Anda melakukan penyambungan kabel kipas angin gantung dengan hati-hati.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung 3 Kabel


Selain rangkaian dengan 4 kabel, ada juga kipas yang menggunakan rangkaian dengan hanya 3 kabel. Berikut adalah cara memasang kapasitor pada kipas angin gantung 3 kabel:

Langkah 1: Buka tutup kipas menggunakan obeng


Pertama-tama, lakukan langkah awal dengan membuka penutup kipas menggunakan obeng. Pastikan obeng yang digunakan sesuai dengan jenis sekrup yang terdapat pada penutup kipas.

Proses ini memerlukan kehati-hatian agar tidak merusak bagian penutup atau sekrup yang ada. Pastikan untuk melepas semua sekrup yang mengikat penutup kipas agar dapat membuka penutup dengan lancar.

Langkah 2: Potong kedua kabel menggunakan gunting


Setelah penutup kipas terbuka, langkah selanjutnya adalah memotong kedua kabel yang terhubung dengan kapasitor menggunakan gunting. Pemotongan kabel perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak isolasi kabel yang dapat membuat kapasitor menjadi tidak berfungsi.

Langkah 3: Ambil kapasitor yang baru


Siapkan kapasitor baru dengan ukuran mikro yang sama atau lebih tinggi dari sebelumnya. Anda bisa melihat ukuran mikro pada bagian body kapasitor, biasanya sudah tertera disana dan hanya perlu menyesuaikan saja dengan yang baru.

Jika menggunakan ukuran kapasitor yang lebih kecil akan membuat putaran kipas angin lambat sehingga angin yang dihasilkan menjadi tidak maksimal.

Langkah 4: Pasang kapasitor baru pada kipas


Pasang kapasitor baru dikipas gantung Anda dan menyambungkan setiap kabelnya dengan benar. Setelah kapasitor terpasang dengan baik, lanjutkan dengan menyambungkan kembali kedua ujung kabel yang sebelumnya dipotong.

Jangan lupa untuk memasang isolasi listrik pada setiap sambungan kabel kapasitor dan pastikan sambungan kabel rapat dan aman, menghindari korsleting yang tidak diinginkan.

Langkah 5: Tutup kembali penutup kipas


Setelah selesai menghubungkan kabel dan memastikan semuanya aman, tutup kembali penutup kipas. Pastikan penutup kipas kembali pada posisi semula dan diperbaiki dengan sekrup yang sesuai. 

Langkah 6: Kencangkan sekrup menggunakan obeng


Kencangkan kembali semua sekrup penutup kipas dengan menggunakan obeng. Pastikan setiap sekrup terpasang dengan rapat dan aman. Langkah ini bertujuan untuk memastikan penutup kipas terpasang dengan baik dan tidak mengalami goyangan yang bisa membuat kipas menjadi berisik.

Langkah 7: Nyalakan kipas


Terakhir Anda hanya perlu menyalakan kipas untuk memastikan apakah kapasitor sudah terpasang dengan benar atau tidak. Jika kipas bisa berputar dengan baik dan setiap tombol kecepatan kipas sudah berfungsi, maka bisa dipastikan kapasitor sudah terpasang dengan benar.

Cara Memasang Saklar Kipas Angin Gantung


Saklar kipas angin gantung memiliki fungsi untuk menyalakan (ON), mematikan (OFF), dan mengatur kecepatan putarannya. Terdapat knop atau regulator yang berfungsi untuk mengatur kecepatan putar (1-5) dan mematikan kipas angin.

Jika penutup saklar atau regulator kipas angin gantung dibuka, terdapat dua terminal, yaitu terminal input dan terminal output. Terminal input terhubung ke listrik phase dari sumber listrik, sedangkan terminal output terhubung dengan terminal kabel phase kipas angin gantung.

Cara memasang saklar regulator kipas angin gantung dapat dibagi menjadi dua berdasarkan kabel yang terpasang, yaitu pemasangan dengan kabel grounding atau tanpa kabel grounding.

1. Memasang dengan Kabel Grounding:

  • Buka penutup saklar.
  • Hubungkan listrik phase dari sumber listrik (kabel merah) ke terminal input saklar.
  • Hubungkan output saklar (kabel merah) ke terminal phase pada kipas angin.
  • Hubungkan grounding dari sumber listrik (kabel hijau-kuning) ke terminal grounding pada kipas angin.
  • Hubungkan listrik netral dari sumber listrik (kabel biru) ke terminal netral pada kipas angin.
  • Pasang penutup saklar dan pasang ke dinding. Instalasi saklar kipas angin gantung selesai.

2. Memasang tanpa Kabel Grounding:

  • Buka penutup saklar.
  • Hubungkan listrik phase dari sumber listrik (kabel merah) ke terminal input saklar.
  • Hubungkan output saklar (kabel merah) ke terminal phase pada kipas angin.
  • Hubungkan listrik netral dari sumber listrik (kabel biru) ke terminal netral pada kipas angin.
  • Pasang penutup saklar dan pasang ke dinding. Instalasi saklar kipas angin gantung selesai.

PENTING: Penggunaan grounding pada kipas angin bertujuan sebagai sistem proteksi kebocoran arus. Jika terjadi kebocoran arus, arus gangguan akan dialirkan ke sistem grounding dan diteruskan ke tanah, melindungi komponen kipas angin dan menghindari efek setruman jika disentuh. Tanpa grounding, gangguan arus dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan efek setruman jika disentuh.

Akhir Kata


Cara menyambung kabel kipas angin gantung tidak serumit yang dibayangkan, yang penting Anda harus menyambungkan setiap kabel sesuai dengan warnanya, setelah itu mencoba menyalakan kipas angin untuk memastikan apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Semoga bermanfaat.

Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.